Kamis, 01 Maret 2012

pilih" teman vs banyak teman

Diposting oleh Vika Yulianti di 21.27


punya banyak teman itu adalah sebuah pencerahan dihidupmu. kamu tahu kenapa? karena dengan punya banyak teman, kamu akan dapat banyak keuntungan. bahkan ada kata-kata "perbanyaklah temanmu, dan perluaslah pergaulanmu maka kau senantiasa diberi keuntungan dan kemudahan hari ini dan suatu saat nanti."
Mengapa kita harus memiliki teman banyak?
si A dan B berteman atau bisa dibilang satu perkumpulan bermain alias geng. si A tidak punya teman dekat lagi selain dengan gengnya tapi si B walaupun punya geng tapi dia dekat dengan teman yang lainnya atau bisa dibilang tidak terpaku pada satu perkumpulan bermain. suatu ketika dia sedang mengalami putus cinta, teman-teman segengnya sibuk dengan kegiatannya masing-masing, si A makin galaulah karena gak ada orang yang bisa menemaninya ketika dia butuh teman-teman segengnya itu, mau cari kesibukan sama teman yang lain tapi dia males untuk beradaptasi lagi karena dia terlalu nyaman sama gengnya itu, lain halnya dengan si B ketika dia mengalami putus cinta si B tanpa pusing untuk mencari teman dan mencari kesibukan bersama teman-temannya yang lain dikala teman segengnya tidak bisa menemaninya. itulah untungnya punya banyak teman.




Di sisi lain...
kalian pernah dengar kata-kata ini "berteman itu harus memilih-milih, karena teman bisa mempengaruhimu kearah atau ke hal-hal yang buruk". kata-kata itu memang tidak salah menurutku, tapi kalau menarik garis besar dari kata-kata itu kita akan mempersemit pergaulan. memang ada teman yang membawa kita kehal yang buruk. terus ada juga istilah "pergaulanmu bisa mempengaruhi kepribadianmu " atau dengan kata lain bila kamu bergaul dengan orang yang sukanya memakai narkoba 'mungkin' kamu akan jadi pemakai narkoba pula,apabila kamu bergaul dengan orang yang sukanya belajar 'mungkin' kamu akan menyukai belajar. 


Mengapa ada kata 'mungkin'?
karena semua itu tergantung dirimu sendiri. belum tntu orang yang rajin belajar, kita akan tertuar rajin belajar kalau didiri kita masih ada rasa malas yang sangat kuat. kalian pernah denger istilah "jadilah seperti bunga teratai karena dia bisa hidup dan bisa tetep terlihat cantik walaupun keadaan air dibawahnya keruh." 




maksudnya adalah ketika kalian bergaul dengan teman seburuk buruknya pergaulan temanmu, kamu harus tetap jadi dirimu sendiri yang tidak bisa orang lain merubahnya kearah yang lebh buruk dan kita tetap terlihat indah walaupun disekililing kita itu buruk. jadi bertemanlah dengan siapapun itu, tidak memandang sosial, memandang etnis, tidak memandang karakteristik, tetapi ketika seseorang mempengaruhimu untuk ke arah yang buruk, atau mengekploitasi dirimu untuk kepentingan dirinya dan merusak prinsip hidupmu.bersikaplah tegas!! belajar untuk berkata tidak!!




@sharingcewe

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sharing Cewe Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review